Rabu, 04 November 2009

Sinopsis Stairway to Heaven



Serial Korea yang paling menguras air mata, rasanya julukan itu tidak salah diberikan pada Stairway to Heaven yang setiap episodenya membuat penonton gemas sekaligus sedih melihat tokoh utamanya tak henti ditindas. Rasa-rasanya banyak orang sepakat sutradara film ini dengan kejam dan tragis menutup jalinan cerita film seri ini. Ramuan ini pula yang membuat serial buatan SBS tersebut sukses berat saat ditayangkan di Korea dan Indosiar.

Cha Song-ju adalah putra dari keluarga kaya-raya. Sejak kecil ia bersahabat dengan gadis bernama Han Jung-suh. Saat ayahnya dan ibu sahabatnya meninggal, hubungan mereka semakin dekat. Namun keadaan mulai berubah saat ayah Jung-suh menikah dengan aktris bernama Tae Mira.

Meski awalnya baik, belakangan Mira yang mengajak dua anak dari pernikahan sebelumnya yaitu Han Yuri dan Han Tae-hwa membuat kebahagiaan Jung-suh hilang, bahkan tak jarang gadis itu dijahati saat sang ayah pergi. Persis seperti wacana yang terjadi di masyarakat, ibu tiri pasti akan “melalap dengan lahap” anak tirinya. Biasa hidup dalam kemiskinan, Yuri mempunyai watak jahat dan berusaha merebut semua milik Jung-suh termasuk Song-ju.

Dipaksa berpisah karena Song-ju harus meneruskan studi ke luar negeri, sikap ramah Jung-suh membuat kakak tirinya Tae-hwa jatuh hati, namun sayang cinta pemuda itu hanya bertepuk sebelah tangan. Cinta yang mendalam kepada Song-ju membuat gadis itu bisa bertahan dari siksaan Yuri dan Mira. Namun di saat hari pertemuan tiba – Song-ju yang telah menyelesaikan studinya — kebahagiaannya kembali direnggut oleh Yuri, yang sengaja menabrakkan mobilnya hingga Jung-suh luka parah.

Meski selamat, Jung-suh kehilangan ingatan. Tae-hwa yang tahu membawa gadis itu pergi dan mengganti nama mereka. Song-ju yang berduka dihibur Yuri, keduanya kembali meneruskan studi dan kembali ke Korea lima tahun kemudian. Di hari pertunangan, Song-ju tanpa sengaja melihat Jung-suh dan langsung mengejarnya, namun kecewa saat tahu gadis itu bernama Kim Ji-su.

Tidak menyerah begitu saja, pemuda itu melakukan penyelidikan untuk membuka misteri Ji-su, dan semakin yakin saat menemukan kalung yang diberikannya kepada Jung-suh terlingkar di leher gadis itu. Jung-suh yang sadar dari amnesia mulai bingung karena Tae-hwa terus merawatnya selama ia cedera, namun ia akhirnya memutuskan untuk bersatu dengan pria yang telah lama dicintainya itu.

Namun masalah tidak selesai sampai di situ, tindakan Song-ju itu membuatnya harus keluar dari perusahaan keluarga. Sebab ibunya telah terlanjur berjanji kepada Yuri dan Tae Mira untuk menyatukan Yuri dengan anaknya. Jung-suh yang tahu meminta kekasihnya itu untuk kembali dan belakangan ia memutuskan kembali menghilang saat tahu matanya terkena kanker, seperti yang dialami oleh almarhumah ibunya. Tae-hwa yang telah berganti nama menjadi Han Chul-su tahu bahwa gadis itu tidak mungkin mencintainya, akhirnya memberitahu Song-ju keberadaan gadis itu.

Menyingkirkan perbedaan mereka, Tae-hwa dan Song-ju berubah akrab bagai saudara dan berusaha membujuk Jung-suh untuk melakukan operasi. Song-ju pun luluh dengan bujukan dua orang pria yang menyayanginya itu. D idepan publik, Song-ju menyatakan bakal menikah tanpa memberitahu siapa mempelainya. Iia mengundang Yuri, Mira, serta Tae-hwa dan Jung-suh (yang matanya telah buta) yang datang belakangan.

Di depan publik, Song-ju menentukan pilihan hatinya sementara Tae-hwa membeberkan kejahatan sang adik (akhirnya masuk penjara) dan ibu (pikirannya menjadi terganggu). Setelah semuanya beres, Tae-hwa yang bertekad membahagiakan adik tirinya memutuskan bunuh diri demi menyumbangkan kornea matanya, sehingga Jung-suh bisa melihat orang yang dicintainya (Song-ju) sekali lagi. Dan berharap hidup bahagia di samping Song-ju.

Meski tujuannya tercapai, pada akhirnya pengorbanan Tae-hwa sia-sia. Kanker yang telah menyebar membuat umur Jung-suh tinggal beberapa bulan. Di saat terakhirnya, wanita itu mengajak sang suami ke pantai untuk mengenang masa-masa indah saat mereka kecil. Di pelukan Song-ju, Jung-suh akhirnya menghembuskan napas terakhir setelah merasakan kebahagiaan yang hanya sesaat.

PARA PEMERAN UTAMA STAIRWAY TO HEAVEN :

Kwon Sang-woo sebagai Cha Song-ju (masa remaja diperankan oleh Bae Seong-hyeon).
Kaya, tampan, dan setia pada cinta pertamanya, tidak banyak pria yang memiliki karakter sepertinya. Pemuda ini juga tidak segan bekerja keras supaya cita-citanya tercapai, dan tidak pernah berhenti meyakini kalau Jung-suh yang dicintainya masih hidup. Meski kadang acuh dan kasar, namun cintanya sangat dalam, saking dalamnya sampai-sampai ia tidak perduli dengan semua halangan yang merintangi hubungan mereka.

Choi Ji-woo sebagai Han Jung-suh/Kim Ji-su (masa remaja diperankan oleh Park Shin-hye).
Nasib baik seolah enggan menghampirinya sejak berkenalan dengan keluarga Han (terutama Mira dan Yuri), bahkan harapannya sekolah di luar negeri bersama Song-ju dimentahkan oleh sang ibu tiri. Tumbuh sebagai gadis yang tidak percaya diri, hilang ingatan membuat sifatnya jadi lebih tegar dan berani melawan siksaan Mira. Ia juga memenuhi janji cinta sucinya pada Song-ju, yang hanya dipisahkan oleh kematian.

Shin Hyeon-joon sebagai Han Tae-hwa/Han Chul-su (masa remaja diperankan oleh Lee Wan).
Merasa dirinya tidak berharga sampai bertemu dengan Jung-suh, pemuda ini hidup dibawah tekanan sang ibu yang tidak menghargai bakat seninya. Memutuskan kabur dan tinggal bersama sang ayah, ia ketakutan saat Jung-suh yang hilang ingatan terus dibawa nasib untuk bertemu dengan Song-ju. Sadar bahwa keduanya saling mencintai dan tidak dapat dipisahkan, akhirnya ia mengorbankan diri untuk kebahagiaan sang adik tiri.

Kim Tae-hee sebagai Han Yuri (masa remaja diperankan oleh Park Ji-mi)
Dibesarkan di tengah keluarga yang berantakan ditambah pengaruh kuat sang ibu, gadis ini menjelma menjadi pribadi yang mementingkan diri sendiri dan licik. Ia bahkan tidak segan-segan mencelakakan kakak tirinya sendiri saat tahu impiannya mendapatkan Song-ju bakal kandas. Kembali menggunakan berbagai cara untuk menjatuhkan Jung-suh yang hilang ingatan, Yuri akhirnya harus membayar mahal atas semua perbuatan jahatnya.

Lee Hui-hyang sebagai Tae Mira
Ketakutannya terhadap kemiskinan membuat wanita setengah baya ini berubah menjadi pribadi yang rakus, tamak, dan tidak segan-segan menggunakan segala cara supaya tujuannya tercapai. Ia juga yang mengajari sang anak cara-cara licik untuk memperdaya Song-ju dan Jung-suh, namun pada akhirnya semua berbalik. Selain tujuannya tidak tercapai, ia juga harus kehilangan kedua anaknya dengan cara yang tragis.

24 komentar:

  1. ihhhhhh
    sedih bgt ciieeieieiie........

    BalasHapus
  2. izin copy yah...

    BalasHapus
  3. filmnya itu bnr2 sedih bngt
    ga heran deh klu ratingnya bgs
    bahkan gw hmpr mau nangis nntn film ini

    BalasHapus
  4. nie film ce sbnar.na udda lammmmma bwangetz. but, i still love it

    BalasHapus
  5. hhhhmm,,poor jung suh..:(

    slut dehh buat akting.a choi ji-woo..

    BalasHapus
  6. Terakhir nonton wkt kul..2003,skrang nonton lg di lds....tetap sj menangis,pdhal endingx dah tau....

    BalasHapus
  7. film korea yang paling menyentuh yang pernah aku tonton

    BalasHapus
  8. terusss...jung suh ama song jo gmana???????? acian ya yoo ri ama tae hwa

    BalasHapus
  9. saking bagusnya,sampe sering jadi referensi jiplakan sinetron indonesia..sampe empat atau lima judul :D

    BalasHapus
  10. sy awalnya suka ama drama ini krn ada park shin hye,tp baca endingnya jd takut sedih krn dak happy ending

    BalasHapus
  11. :: aku seneng banget flem korea yang satu ini. ekting mereka keren. seperti kenyataan. membuatku menghayal tingkat tinggi..

    kapan ya, aku merasakan seorang pria yang sangat mencintaiku seperti pria yang sangat mencintai jung shu ?

    BalasHapus
  12. sdiH bgt nontn flim nei, bkiinn aku tiap hrii nangis kalok nontn.a, aplgi inget film.a...:'(
    smoga aku punya pcr sprti song-ju, yg baik hti, dan sllu stia dgn jung suh...:*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh...
      Cma aq jga pgin pu.a pcar yg setiaa ampe akhir hayaattt!!:)

      Hapus
  13. suka banget flem korea satu ini coz bikin gemezz skligus sedih sampe2 bikin gue nangis.udah ektingnya bagus artisnya keren-keren lagi.pokoknya l Like it......!

    BalasHapus
  14. filmnya apa lagi main park shin hye wah imutx !!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tapi aku lebih suka episode pertama dan kedua saat mereka masih remaja ... Bisa gak sih produsernya bikin lagi film kyak gitu, dengan pemeran remaja hingga dewasanya Park shin Hye & Baek sung hyun
      hope hope hope

      Hapus
  15. Lht flim nya aer mata qw bercucuran mulu ,,,, ... bagus bnggt,nih flim ,, huk huk huk .........

    BalasHapus
  16. film.a bguesssttt bgetz...
    ampe bkin aq nangizz!!!
    kyak kyataan film.aaa
    U.S
    kpn yaa q pu.a ortu yg setiaaa smpe mtiiiii kyak mrekaaa..???

    BalasHapus
  17. Astrid Vira MahesaRabu, September 19, 2012

    Film nie bgtu menyedihkann bgetzz!!
    Tiap liat drama korea niee,rsa.a mw nangizz muluu!
    Tpiii knpa film.a cm' ad 20 epsodee?
    Huuuh,sebel dechhh!
    keinginan :
    Pak sutradara,tolonggg tyangin lgii donkk drama korea nieee d indosiarrr!
    yaaaa????

    BalasHapus
  18. hey,,salam kenal.please follow me back..tq

    BalasHapus
  19. kapan ya film ne di tayangin lagi ? pengen deh rasanya nonton lagi film nya ....

    BalasHapus
  20. KOK YANG REMAJA NYA CUMA 3 EPISODE SICH
    ... just pretend episode remajanya minimal 10 episode. apa boleh buat.. o iya kalau mau nonton download aj

    BalasHapus
  21. Drama korea yg paling banyak di buat versi indonesiany ma indosiar...-_-

    BalasHapus